Proses pembentukan ikatan alumni sudah dimulai sejak awal tahun 2016. Namun karena di awal jumlah yang masih sedikit dan kesibukan dari para alumni yang belum terjadwal, hingga akhirnya butuh upaya lebih untuk mengumpulkan alumni pada saat momen buka bersama.

Upaya penyatuan Ikatan Alumni ini akhirnya dimulai pada Juli 2016. Bertempat di Kampus Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Nurul Fikri, diselenggarakan buka bersama alumni agar dapat dibentuk organisasi ikatan alumni STT Nurul Fikri yang mewadahi alumni ketika lulus. Akan tetapi output dari buka bersama tersebut, masih belum optimal dan pembuatan visi serta program Ikatan Alumni kurang maksimal.

Namun kondisi tersebut tidak menyurutkan impian alumni yang hadir untuk mulai membentuk kepengurusan dan program ikatan alumni yang dapat berjalan selama 2 tahun untuk permulaan ini. Hal ini penting dalam rangka penanaman pondasi demi berjalannya ikatan alumni di tahun-tahun mendatang. Betapa tidak, peran alumni dari perguruan ataupun sekolah tinggi memegang kunci penting sebagai wujud kontribusi lulusan bagi almamater maupun masyarakat secara luas.

Maka dari sanalah, akhirnya diputuskan sebuah kepengurusan alumni yang pertama dengan diketuai oleh Hendra Aditiyawijaya, lulusan S1 Prodi Sistem Informasi, angkatan 2012. Selama 2 tahun pertama ini, ikatan alumni mencoba untuk menanamkan kultur dan visinya dibawah arahan dari Hendra.